Jumat, 08 April 2016

KONGSI dagang bangsa Eropa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebagai Intermezzo....
Penjelajah asal Belanda datang ke Indonesia, salah satunya untuk membeli rempah-rempah milik Indonesia. Tetapi seiring berjalannya waktu, Penjelajah tersebut ternyata memiliki niat jahat. Dia menginginkan rempah-rempah ini dijual dengan harga yang murah dan hanya dijual untuk VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie ). Tetapi ini bukan membahas tentang Penjajah asal belanda tetapi EROPA.
Hmmm. Maafkan saya ya... ane khilaf ( *bicara dalam hati* "hahaha. Buat ngepanjangin post aja :v" ).


Okay! To the point!
Ane udh search ke mbah gugel, kalau Fungsi dagangnya bangsa Eropa tidak ada. Ane ngesearch itu malah nampilin Kongsi dagangnya bangsa Eropa.

Jadi, mau gimana lagi. Ane pilih kongsi aja, deh...

KONGSI DAGANG BANGSA EROPA

  • EIC
EIC adalah salah satu kelompok dagang milik Inggris. Kepanjangan dari EIC yakni East Indian Company. Kelompok tersebut berada di India.
Why di India ? Ini dilatar belakangi oleh para pelayar dari Inggris yang berlabuh ke kawasan Libanon. Saat itu, Libanon dikuasai oleh Portugis, dan Inggris mempunyai permusuhan dengan Portugis. Nah, Inggris mencoba pelayaran sendiri, dan sampailah mereka di India. Di India ini mereka membuat basis perdagangan, nah dinamailah basis ini dengan EIC.



  • PEIC
Kelompok dagang Portugis. So, Kepanjangan dari PEIC adalah Portugis East India Company. Kelompok dagang ini digagas oleh Raja Phillip 2. Berdiri pada Agustus 1648 dengan nama Companhia do commércio da Índia (Companhia da Índia Oriental).
  • SEI

Kelompok dagang bangsa spanyol. Kepanjangan dari SEI adalah Spanish East Indies.  wilayah Imperium Spanyol di Asia-Pasifik dari 1565 sampai 1898. Dengan pusat pemerintahan di Manila, wilayah ini membentang sepanjang FilipinaGuam, Kepulauan Mariana, Kepulauan Caroline, sebagian Taiwan dan Kepulauan Maluku. Dari 1565 ke 1821 wilayah ini merupakan bagian Spanyol Baru yang berbasis di Kota Meksiko, setelah kemerdekaan Meksiko wilayah ini diperintah langsung dari Madrid. Setelah Perang Spanyol-Amerika berakhir pada 1898, sebagian besar wilayah ini diduduki oleh Amerika Serikat sedangkan sisanya dijual ke Kekaisaran Jerman melalui Perjanjian Jerman-Spanyol pada tahun 1899. Raja Spanyol secara tradisi menggelari dirinya "Raja Hindia Barat dan Timur (Rey de Las Indias Orientales y Occidentales). Urusan administratif ditangani oleh Kapten Jenderal Filipina.
Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Hindia_Timur_Spanyol

That's All... Thanks! Semoga bermanfaat gan!
Wassalamualaikum Wr. Wb. 


Tidak ada komentar: